PATROLI GABUNGAN PENCEGAHAN KARHUTLA



Ampana, 6 September 2024,  

Sesuai arahan Bapak Presiden R.I untuk terus melakukan solusi permanen pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) melalui aksi pencegahan dan pelibatan masyarakat dilapangan. Eksistensi Kesatuan Pengelolaan Hutan ( KPH ) berdampak besar pada berkurangnya kebakaran Hutan dan Lahan. KPH yang merupakan Unit Pengelolaan Hutan di tingkat tapak berperan nyata untuk melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Untuk mendukung aksi tersebut, Kepala UPTD. KPH SIVIA PATUJU menugaskan beberapa Tenaga/ Personil UPTD. KPH Sivia Patuju untuk mengikuti Patroli Gabungan yang terbagi dalam 3 Periode Yaitu :

1.      Periode I ( Pertama ) dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 30 Agustus 2024

2.      Periode II ( Kedua ) dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 6 September 2024

3.      Periode III ( Ketiga ) dilaksanakan pada tanggal 9 s/d  13 September 2024

Patroli Gabungan yang dilaksanakan di wilayah KPH Sivia Patuju (Kabupaten Tojo Una Una) terdiri dari Tim Manggala Agni Divisi II Sulawesi, Anggota TNI – POLRI, Personil KPH Sivia Patuju, Pemerintah Desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Patroli Gabungan dilaksanakan dibeberapa titik yang dinilai rawan terjadinya KARHUTLA, seperti Desa Betaua, Desa Dataran Bugi, Desa Tojo, Desa Uedele yang ada di Wilayah Kecamatan Tojo Serta Desa Cempa yang ada di Wilayah Kecamatan Ulubongka kabupaten Tojo Una-Una. Tidak hanya itu, tim gabungan juga melaksanakan Monitoring Kawasan Hutan, observasi dan identifikasi sumber-sumber air yang berada disekitar titik rawan KARHUTLA (titik spot) untuk antisipasi KARHUTLA, serta melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, sosialisasi / himbauan pencegahan KARHUTLA kepada Masyarakat. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) Wilayah kerja BPII – Manggala Agni Divisi II Sulawesi, efektif pada Bulan September 2024, dengan menetapkan posko di Desa Betaua Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una Una sebagai Markas Patroli Gabungan – Sentral Pengendalian dan pencegahan KARHUTLA. Ketua Regu manggala Agni Divisi II Sulawesi Pos Tojo Firman, disela-sela kegiatan Patroli bersama Tim gabungan termasuk Personil dari KPH Sivia Patuju dalam keterangan menjelaskan Rabu, (4/9) 2024), bahwa Tujuan dilakukannya sosialisasi melalui Patroli gabungan sebagai bentuk sinergitas dalam rangka menyampaikan terkait tindakan pengendalian pencegahan Karhutlah. “ Khususnya di Desa Betaua dan Desa Banano kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una,” Ungkapnya. Ia Juga menjelaskan, Penyuluhan edukasi dan sosialisasi tentang Karhutla dari kedua Desa tersebut, beberapa warga setempat menyambut Tim Patroli gabungan dengan baik dan mengapresiasi atas Kunjungan yang terlaksana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar